Background

Saturday, October 18, 2014

Pertemuan I

hai, kali ini saya ingin membahas tentang pertemuan pertama saya dengan Filsafat Ilmu, Logika dan Penulisan Ilmiah.

Filsafat tuh apa sih?

Filsafat adalah studi tentang seluruh fenomena kehidupan dan pemikiran manusia secara kritis dan dijabarkan dalam konsep mendasar(. http://id.wikipedia.org/wiki/Filsafat)

sebenarnya saya sendiri juga masih belum mengerti apa yang dinamakan filsafat itu. kebetulan, pada hari pertama saya mempelajari filsafat, saya dengan kelompok saya mendapatkan tugas untuk mewawancarai beberapa mahasiswa di kalangan Universitas Bina Nusantara "apa itu filsafat?" "apakah penting mempelajari filsafat?" "siapa tokoh yang anda tahu?"


berikut adalah hasil dari wawancara:

  • Anastasia mahasiswi Arsitektur Bina Nusantara. Filsafat adalah pencetus suatu pola. menurut Anastasia belajar filsafat tidak terlalu penting dan dia tidak tahu siapa tokoh filsafat.
  • Merry mahasiswi Arsitektur Bina Nusantara. Filsafat adalah pola pikir. menurut Merry belajar filsafat sedikit penting untuk kehidupan dan dia juga tidak tahu siapa saja tokoh filsafat.
  • Sidik mahasiswa Hubungan International. Filsafat itu adalah perumpamaan. menurut sidik belajar filsafat penting untuk lebih mengetahui. 
sedangkan, Filsafat menurut Ahli adalah sebagai berikut: 


  • Plato: Filsafat adalah pengetahuan yg berminat mencapai pengetahuan kebenaran yg asli.
  • Aristoteles: Filsafat adalah ilmu pengetahuan yang meliputi kebenaran yang terkandung didalamnya ilmu-ilmu metafisika,logika,retorika,etika,ekonomi,politik, dan estetika.
  • Al Farabi: Filsafat adalah ilmu tentang alam maujud bagaimana hakikat yang sebenarnya. 
  • Sidi Gaalba: Filsafat adalah mencari kebenaran dari kebenaran untuk kebenaran, tentang segala sesuatu yang dimasalahkan, dengan berfikir radikal, sistematik dan universal. 
sekian post saya tentang pertemuan pertama saya dengan filsafat. maaf bila ada yang salah atau kurang. terima kasih 

No comments:

Post a Comment