Background

Wednesday, January 14, 2015

Abstrak

Hai! kali ini saya ingin membahas tentang Abstrak karena kebetulan saya telah diberi tugas untuk membuat Abstrak untuk Karya Tulis.

Abstrak adalah sebuah ringkasan atau gambaran secara keseluruhan tentang sebuah karya tulis yang ditujukan untuk membantu pembaca agar dapat memahami dengan mudah tentang tujuan dari penulisannya. Abstrak tidak memiliki jumlah yang banyak, rata2 abstrak terdiri dari 150-300 kata. tujuan lain dari abstrak adalah Informatif, Deskriptif dan Modular. 


Tujuan :

Pendekatan Psikologi Indigenous merupakan faktor penting dalam memahami sikap permissiveness terhadap perilaku seks pranikah sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku sesuai dengan konteks budaya setempat. Premarital seksual permissiveness adalah suatu sikap individu terhadap perilaku seksual pranikah yang dibagi kedalam empat kategori.
Pertama adalah abstinence dimana hubungan seks sebelum pernikahan adalah salah dan tidak dapat dibenarkan. Kedua adalah permissiveness with affection dimana hubungan seks bisa dibenarkan bagi pria dan wanita selama berlandaskan cinta diantara keduanya. Ketiga permissiveness without love dimana hubungan seks antara pria dan wanita dapat dibenarkan meskipun tanpa dasar cinta. Keempat adalah double standard dimana perilaku seksual pranikah dapat dibenarkan bagi pria namun tidak bagi wanita.

Metode :

Penelitian ini menggunakan metode kualitative. Dengan sampel kaum remaja akhir hingga  dewasa awal yang belum menikah di lima negara di Asia Tenggara. Masing-masing negara diambil 100 orang, Jumlah n= 500 responden yang belum menikah berusia 18-40 tahun yang direkrut dalam lima negara di Asia Tenggara.

Studi

Remaja akhir  dan dewasa muda dengan rentang usia 18-40 tahun. Semua responden mendapatkan 5 pertanyaan terbuka (open ended) ditambah dengan bantuan komputer untuk pertanyaan sensitif. Koding digunakan untuk menganalisis hubungan antara sikap permissiveness terhadap perilaku seksual pranikah di lima negara.

Hasil :

Responden Pria di lima negara diketahui pria bersikap lebih permisif terhadap seks pranikah daripada perempuan. Jenis kelamin, rentang usia (remaja akhir dan dewasa awal) dan sikap permisif terhadap seks pranikah bervariasi di lima negara. Negara Thailand meskipun masih tradisional, tetapi dari hasil penelitian menunjukkan lebih permisif terhadap perilaku seks pranikah dibanding dengan keempat negara lainnya. Sedangkan Negara Timor Leste paling tidak permisif di antara kelima negara yang diteliti, hal ini didukung oleh mayoritas penduduknya beragama.


Kata kunci : premarital sexual permissiveness, psychologi indigenous.

Sekian post saya kali ini, semoga bermanfaat bagi kalian yang ingin membuat Abstrak! :)

No comments:

Post a Comment