Background

Wednesday, January 14, 2015

Literature Research

halo! kali ini saya akan membahas salah satu tugas yang diberikan oleh dosen saya yaitu untuk me-review salah satu bab dalam Buku The Psychologi's Companion. Saya memutuskan untuk membahas bab ke-3 yaitu tentang Literature Research. Saya memilih bab ini karena kebetulan saya mendapatkan tugas untuk membuat sebuah karya tulis. Dan ini sangat membantu dalam membuat karya tulis untuk dasar-dasar yang harus diketahui. 

Jika anda menulis review (ulasan) atau mengerjakan makalah penelitian eksperimen, salah satu faktor yang sangat penting adalah penulisan sastra. Apalagi pada zaman yang sudah modern ini. Sekarang kita dapat mendapatkan berbagai informasi yang beragam dengan berbagai cara. Seperti dari buku atau dari internet. Dalam bab ini, kita akan membahas tentang berbagai jenis ahan yang dapat digunakan dan ada penguraian fungsi bibliografi.

3.1 Reference Materials
Bahan referensi merupakan hal yang harus diketahui oleh penulis makalah Psikologi maupun lainnya. beberapa sumber yang dapat dipakai yaitu;
Almanacs: almanac adalah publikasi yang berisi informasi dan statistic dalam beragam topik.
  • Bibliography: bibliografi adalah daftar karya-karya penulis tertentu. Bibliografi dapat membantu penelitian dalam topik ini.
  • Dictionaries: kamus membantu mengroreksi kata dengan baik dan benar dalam penulisan.
  • Directories: direktori adalah daftar sumber dan informasi kontak untuk sumber.
  • Encyclopedia: ensiklopedia memiliki indeks yang akan menuju ke kata kunci yang terkait dengan baik. Salah satu kegunaan ensiklopedia adalah membantu kita untuk memperluas sudut pandang kita terhadap topik tertentu. Ensiklopedia lebih bermanfaat saat awal penelitian dari pada di akhir.
  • Thesauri: thesaurus adalah daftar kata-kata yang terkait dengan istilah.
  • Yearbooks: buku tahunan berisi informsai yang menuju kepada tahun yang lebih spesifik. Seperti buku tahunan tentang Psikologi Olahraga, Psikologi Anak dan Komunikasi.

Berbeda seperti sumber yang diatas, sumber yang berikut adalah sumber umum yang lebih bermanfaat dalam area Psikologi yaitu;
  • APA College Dictionary of Psychology, buku ini adalah versi kompak dari APA Dictionary of Psychology dan memiliki lebih dari 5.000 entri.
  • APA Concise Dictionary of Psychology, kamus ini berisi sekitar 10.000 beserta daftar tokoh sejarah dalam psikologi.
  • APA Dictionary of Psycholog, buku ini berisi tentang istilah dan frasa dari Psikologi dan area yang terkait seperti Kedokteran, Biologi dan Komputer Sains.
  • The Corsini Encyclopedia of Psychology and Behavioral Science, 3rd Edition, buku ini menawarkan diskusi yang detail tentang 10 area tentang psikologi. Contohnya, perkembangan, pendidikan, pengukuran, kepribadian.
  • Dictionary of Psychology, buku The Pinguin dictionary of Psychology, 3rd edition focus kepada arti dan istilah yang diberikan dan menunjukkan bagaimana istilah ini digunakan, konotasi dan bagaimana istilah tersebut telah digunakan dan disalahgunakan.
  • Dissertations and Theses from start to Finish: Psychology, buku ini membahas beberapa langkah yang diperlukan untuk mengumpulkan tesis dan disertasi.
  • Encyclopedia of Psychology, ensiklopedia ini mengandung lebih dari 1.500 entri. Contoh topik ensiklpoedia adalah metode penelitian, desain penelitian dan analisis, penilaian, biologi dan proses kognitig, sistem interaktif, pengeembangan umur kehidupan, psikologi budaya dan psiologi klinis.
  • Decoding the Ethics Code: A Practical Guide for Psychologist, buku ini membahas dan menjelaskan kode etik dari American Psychological Association (APA). Ini menggambarkan standar pada topik yang berbeda  seperti kerahasiaan, pencatatan, iklan dan terapi.
  • Ethics Desk Reference for Psychologist, tujuan dari buku ini adlaah untuk membantuk psikolog mengenali dilemma etikal dan menghindari mereka


3.2 Literature Reseacrh
            jika anda sudah mempersempit topic yang anda pilih, sekarang saatnya mencari sumber dan materinya. Anda bisa mencari bahan materi yang ada inginkan/butuhkan di perpustakaan atau internet. Perpustakaan zaman sekarang, kita tidak harus kesana jika ingin meminjam buku. Karena perpustakaan sekarang sudah memliki banyak katalog online. Jadi, kita bisa memilih dan mencari lewat situs internet yang disediakan.
Pada umumnya, ada beberapa alat/cara yang perpustakaan sediakan;
Katalog perpustakaan, dimana kita bisa mencari berbagai buku yang berbeda seperti jurnal, Koran dan majalah
Database, kita dapat mencari kata kunci agar lebih mudah, dan nama penulis untuk lebih spesifik.
Umumnya perpustakaan memberikan akses untuk jurnal online dan Koran sehingga ktita dapat memilih materi yang kita inginkan dengan bebas.

3.2.1 Database untuk Psikolog
Berikut adalah beberapa jumlah databse yang dibuat secara spesifik untuk penelitian dalam Psikologi dan area lain yang berkaitan;
CINAHL. Mengandung lebih dari 330 jurnal berbahasa inggris tentang perawatan dan bidang-bidang lain seperti pendidikan kesehatan.
ERIC, database pendidikan yang menyangkut lebih dari 1 juta publikasi abstrak dalam pendidikan penelitian dan pendidikan Psikologi.
PsycInfo, mengandung lebih dari 1.300 jurnal, buku, bab buku serta dibidang Psikologi, Sosiologi, Pendidika, Obat-obatan dan lain-lain.


3.2.2 Bagaimana menemukan Tes Psikologi?
Jika anda tertarik dalam menemukan test yang sudah di terbutkan, berikut adalah beberapa sumber yang dapat digunakan; Test in Print (TIP), Mental Measurements yearbook (MMY), Tests dan Test Critique.

3.3 Internet Research
Internet merupakan salah satu alat yang sanat berguna dalam alat penelitian. Dengan memakai Internet, akan leih mudah dan ceoat dalam mengakses informasi tentang berbagai topik. Akses cepat ini dapat sangat membantu dalam memperluas potensi mencari ide-ide seperti mengumpulkan informasi latar belakang untukmenulis makalah. Internet juga tidak sepenuhnya sempurna, walaupun lebih mudah dan cepat, informasiyang didapat tidak selalu benar dan efisien. Maka itu, kita harus berhati-hati dan teliti jika memilih sumber di internet.
3.3.1 Komponen-komponen Internet
- World Wide Web, jaringan komputer yang bisa menghubungkan dokumen melalui hypertext.
Usenet, sistem diskusi yang sudah tersebar luar di dunia dengan saling memberi komentar.
 -Mailing Lists adalah sistem bertukar pesan antara orang-orang yang berlangganan dalam forum yang sama.
-Chat Groups and Instant Messaging, sistem yang memungkinkan kita untuk bertukar pesan antara individu di komputer yang tersebar luas secara geografis.

3.3.2 Overview of Internet Searching and Search Engines
            Informasi yang ada dalam internet sudah disamakan dengan semua halaman dalam semua buku di perpustakaan yang sudah tidak dirobek dan dibuang menjadi satu tumpukan besar. Informasinya tentu masih akan tetapi mencari dan mengaturnya akan sangat sulit.
Berikut adalah beberapa tips untuk mencari secara efektif;
·      Hati-hati dalam mencari frasa
·      Menggunakan lebih dari satu alat pencarian
·      Batasi pencarian anda untuk hal-hal tertentu
·      Cari link untuk dokumen yang lebih spesifik

3.3.3 Excursion: Internet Search Using Boolean Logic
Banyak database di internet yang bisa dicari dengan cara Boolean Logic.boolean logic diberi nama setelah George Boole, seorang matematis British dan filsuf. Ini menyangkut hubungan logis antara nomor hal pencarian, yaitu AND, OR dan NOT. Atau anda juga bisa menggabungkan mereka danmenggunakan symbol untuk mewakilkan operator Boolean.
·      AND, contohnya anda tertatik ingin tahu tentang bagaimana suara/kebisingan menggangu konsentrasi. Kata kunci yang ada cari adalah suara/kebisingan dan konsesntrasi. Anda tidak ingin topik yang membahas tentang kebisingan atau konsentrasi satu-satu tetapi dalam artikel yang sama dan berkaitan. Maka anda mencari dengan nama ‘suara dan konsentrasi”
·      OR, seandainnya anda tertatik dengan topic sakit kepala dan sakit kepala sebelah. Anda tidak ingin tahu dua-duanya, melainkan hanya satu. Istilahnya anda dapat memilih diantaranya, makanya kata yang anda cari adalah “sakit kepala atau sakit kepala sebelah”
·      NOT, berbeda dengan OR, jika anda hanya ingin mencari tentang sakit kepala saja, maka kata yang anda tulis adalah “sakit kepala Bukan sakit kepala sebelah” maka hasil yang keluar hanya sakit kepala saja. Lebih jelasnya, kata NOT ini dipakai untuk memperjelas lebih spesifik

3.3.4 Some Specific Types of Useful Online research Information
Ada beberapa jenis onformasi online yang berharga yang mungkin tidak terlokasi  menggunakan strategi pencarian umum. Cek bersama pustakawan untuk melihat sumber apa yang bisa dipakai dalam situasi anda.
-Journal articles
Teks yang dipenuhi dengan artikel-artikel dalam bidang Psikologi bisa dicari dan dilihat secara online menggunakan PsycINFO dan database lainnya.
-Magazine and newspaper articles
Kebanyakan majalah dan Koran mempunyai situs web yang menyediakan sarana encarian artikel-artikel lama dengan gratis.
-Government databases
Banyak database online yang dijaga oleh U.S Government, maka beberapa database bisa diakses dan dicari melalui situs U.S Government yaitu FedWorld.

3.3.5 Critical evaluation of internet-based information
            Informasi yang didapat dalam internet tidak bisa di percaya dengan 100%. Sebagian besar informasi yang di internet belum memiliki kualitas yang sama dengan standar penerbitan.
Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan; Accuracy, Authority, Objectivity, Currency dan Coverage

3.4 Bibliography Software

            Ketika anda melakukan penelitian sastra, sangat penting bagi anda untuk menjaga gambaran dari semua sumber yang berbeda. Anda juga harus menulis sumbernya apabila ada seseorang yang tertarik dengan makalah anda, maka, orang tersebut bisa liat dari sumber yang sudah anda tulis.

Sekian post saya untuk pembahasan ini. Semoga bermanfaat bagi kalian yang ingin membuat sebuah karya tulis! :)

No comments:

Post a Comment